Halaman

Minggu, 13 Maret 2022

STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK (SKKPD) UNTUK JENJANG SD, SMP DAN SMA/ SMK

 

STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK (SKKPD)

UNTUK JENJANG SD, SMP DAN SMA/ SMK


1.   1.  UNTUK JENJANG SD/ MI

No

Aspek Perkembangan

Tataran/Internalisasi Tujuan

Pengenalan

Akomodasi

Tindakan

1

Landasan hidup religius

Mengenal bentuk-bentuk dan tata cara ibadah sehari-hari

Tertarik pada kegiatan ibadah sehari

Melakukan bentuk-bentuk ibadah sehari-hari

2

Landasan perilaku etis

Mengenal patokan baik-buruk atau benar salah dalam berperilaku

Menghargai aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari

Mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari

3

Kematangan emosi

Mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain

Memahami perasaan diri sendiri dan orang lain

Mengekspresikan perasaan secara wajar

4

Kematangan intelektual

Mengenal konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan dan perilaku belajar

Menyenangi berbagai aktifitas perilaku belajar

Melibatkan diri dalam berbagai aktifitas perilaku belajar

5

 tanggung jawab sosial Kesadaran

Mengenal hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam lingkungan kehidupan sehari -hari

Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam lingkungan kehidupan sehari-hari

Berinteraksi dengan orang lain dalam suasana persahabatan

6

Kesadaran gender

Mengenal diri sebagai laki-laki atau perempuan

Menerima atau menghargai diri sebagai laki-laki atau perempuan

Berperilaku sesuai dengan peran sebagai laki-laki atau perempuan

7

Pengembangan diri

Mengenal keadaan diri dalam lingkungan dekatnya

Menerima keadaan diri sebagai bagian dari lingkungan

Menampilkan perilaku sesuai dengan keberadaan diri dalam lingkungannya

8

Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)

Mengenal perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya

Memahami perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya

Menampilkan perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya

9

Wawasan dan kesiapan karier

Mengenal ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam kehidupan

Menghargai ragam pekerjaan dan aktivitas sebagai hal yang saling bergantung

Mengekspresikan ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan

10

Kematangan hubungan dengan teman sebaya

Mengenal norma- norma dalam berinteraksi dengan teman sebaya

Menghargai norma -norma yang dijunjung tinggi dalam menjalin persahabatan dengan teman sebaya

Menjalin persahabatan dengan teman sebaya atas dasar norma yang dijunjung tinggi bersama


 

  2.  UNTUK JENJANG SMP/ MTs

No

Aspek Perkembangan

Tataran/Internalisasi Tujuan

Pengenalan

Akomodasi

Tindakan

1

Landasan hidup religius

Mengenal arti dan tujuan ibadah

Berminat mempelajari arti dan tujuan ibadah

Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri

2

Landasan perilaku etis

Mengenal alasan perlunya mentaati aturan/norma berperilaku

Memahami keragaman aturan/patokan dalam berperilaku dalam konteks budaya

Bertindak atas pertimbangan diri terhadap norma yang berlaku

3

Kematangan emosi

Mengenal cara-cara mengekspresikan perasaan secara wajar

Memahami keragaman ekspresi perasaan diri dan perasaan orasaan orang lain

Mengekspresikan perasaan atas dasar pertimbangan kontekstual

4

Kematangan intelektual

Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah

Menyadari adanya resiko dari pengambilan keputusan

Mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan resiko yang mungkin terjadi.

5

Kesadaran tanggung jawab sosial

Mempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hari

Menghargai nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari

Berinteraksi dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup.

6

Kesadaran gender

Mengenal peran-peran sosial sebagai laki-laki atau perempuan

Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan sehari-hari

Berinteraksi dengan lain jenis secara kolaboratif dalam memerankan peran jenis

7

Pengembangan diri

Mengenal kemampuan dan keinginan diri

Menerima keadaan diri secara positif

Meyakini keunikan diri sebagai aset yang harus dikembangkan secara harmonis dalam kehidupan

8

Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)

Mengenal nilai-nilai perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari.

Menyadari manfaat perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari.

Membiasakan diri hidup hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari.

9

Wawasan dan kesiapan karier

Mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam dengan kemampuan diri

Menyadari keragaman nilai dan persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentu

Mengidentifikasi ragam alternatif pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang mengandung relevansi dengn kemampuan diri

10

Kematangan hubungan dengan teman sebaya

Mempelajari norma-norma pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya

Menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan

Bekerja sama dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya


3. 
UNTUK JENJANG SMA/ SMK/ MA/ MAK

No

Aspek Perkembangan

Tataran/Internalisasi Tujuan

Pengenalan

Akomodasi

Tindakan

1

Landasan hidup religius

Mempelajari hal ihwal ibadah

Mengembangkan pemikiran tentang kehidupan beragama

Melaksanakan ibadah atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransi

2

Landasan perilaku etis

Mengenal keragaman sumber norma yang berlaku di masyaraakat

Menghargai Keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan

Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek etis

3

Kematangan emosi

Mempelajari cara-cara menghindari konflik dengan orang lain

Bersikap toleran terhadap ragam ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lain

Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas,terbuka dan tidak menimbulkan konflik

4

Kematangan intelektual

Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif

Menyadari akan keragaman alternatif keputusan dan konsekuensi yang dihadapinya

Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/data secara obyektif

5

Kesadaran tanggung jawab sosial

Mempelajari keragaman interaksi sosial

Menyadari nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi sosial

Berinteraksi dengan orang lain atas dasar kesamaan

6

Kesadaran gender

Mempelajari perilaku kolaborasi antar jenis dalam ragam kehidupan

Menghargai keragaman peraan laki-laki atau perempuan sebagai aset kolaborasi dan keharmonisan hidup

Berkolaborasi secara harmonis dengan lain jenis dalam keragaman peran

7

Pengembangan diri

Mempelajari keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial

Menerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya

Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman

8

Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)

Mempelajari strategi dan peluang untuk berperilaku hemat,ulet, sengguh-sungguh dan kompetitif dalam keragaman kehidupan

Menerima nilai-nilai hidup hemat,ulet sungguh-sungguh dan kompetitif sebagai aset untuk mencapai hidup mandiri

Menampilkan hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif atas dasar kesadaran sendiri

9

Wawasan dan kesiapan karier

Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan, dan aktifitas yang terfokus pada pengembangan alternatif karir yang lebih terarah

Internalisasi nilai-niolai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternatif karir

Mengembangkan alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan ragam karir

10

Kematangan hubungan dengan teman sebaya

Mempelajari cara-cara membina dan kerjasama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman sebaya

Menghargai nilai-nilai kerjasama dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan dengan teman sebaya

Mempererat jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan memperhatikan norma yang berlaku

11

Kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga

Mengenal norma-norma pernikahan dan berkeluarga

Mengharagai norma-norma pernikahan dan berkeluarga sebagai landasan bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis

Mengekspresikan keinginannya untuk mempelajari lebih intensif tentang norma pernikahan dan berkeluarga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar