STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK
(SKKPD)
UNTUK JENJANG SD, SMP DAN SMA/ SMK
1. 1. UNTUK
JENJANG SD/ MI
No |
Aspek Perkembangan |
Tataran/Internalisasi Tujuan |
||
Pengenalan |
Akomodasi |
Tindakan |
||
1 |
Landasan hidup religius |
Mengenal bentuk-bentuk dan tata cara ibadah sehari-hari |
Tertarik pada kegiatan ibadah sehari |
Melakukan bentuk-bentuk ibadah sehari-hari |
2 |
Landasan perilaku etis |
Mengenal patokan baik-buruk atau benar salah dalam berperilaku |
Menghargai aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari |
Mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari |
3 |
Kematangan emosi |
Mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain |
Memahami perasaan diri sendiri dan orang lain |
Mengekspresikan perasaan secara wajar |
4 |
Kematangan
intelektual |
Mengenal
konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan dan perilaku belajar |
Menyenangi berbagai aktifitas perilaku belajar |
Melibatkan diri dalam berbagai aktifitas perilaku belajar |
5 |
tanggung jawab sosial Kesadaran |
Mengenal hak dan
kewajiban diri dan orang lain dalam lingkungan kehidupan sehari -hari |
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam lingkungan
kehidupan sehari-hari |
Berinteraksi dengan orang lain dalam suasana persahabatan |
6 |
Kesadaran gender |
Mengenal diri sebagai laki-laki atau perempuan |
Menerima atau menghargai diri sebagai laki-laki atau perempuan |
Berperilaku sesuai dengan peran sebagai laki-laki atau perempuan |
7 |
Pengembangan diri |
Mengenal keadaan diri dalam lingkungan dekatnya |
Menerima keadaan diri sebagai bagian dari lingkungan |
Menampilkan
perilaku sesuai dengan keberadaan diri dalam lingkungannya |
8 |
Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis) |
Mengenal perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya |
Memahami perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya |
Menampilkan perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya |
9 |
Wawasan dan kesiapan karier |
Mengenal ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam kehidupan |
Menghargai ragam pekerjaan dan aktivitas sebagai hal yang saling
bergantung |
Mengekspresikan ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam
lingkungan kehidupan |
10 |
Kematangan hubungan dengan teman sebaya |
Mengenal norma- norma dalam berinteraksi dengan teman sebaya |
Menghargai norma -norma yang dijunjung tinggi dalam menjalin
persahabatan dengan teman sebaya |
Menjalin persahabatan dengan teman sebaya atas dasar norma yang
dijunjung tinggi bersama |
2. UNTUK
JENJANG SMP/ MTs
No |
Aspek Perkembangan |
Tataran/Internalisasi
Tujuan |
||
Pengenalan |
Akomodasi |
Tindakan |
||
1 |
Landasan hidup
religius |
Mengenal arti dan
tujuan ibadah |
Berminat
mempelajari arti dan tujuan ibadah |
Melakukan
berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri |
2 |
Landasan perilaku
etis |
Mengenal alasan
perlunya mentaati aturan/norma berperilaku |
Memahami
keragaman aturan/patokan dalam berperilaku dalam konteks budaya |
Bertindak atas
pertimbangan diri terhadap norma yang berlaku |
3 |
Kematangan emosi |
Mengenal
cara-cara mengekspresikan perasaan secara wajar |
Memahami
keragaman ekspresi perasaan diri dan perasaan orasaan orang lain |
Mengekspresikan
perasaan atas dasar pertimbangan kontekstual |
4 |
Kematangan
intelektual |
Mempelajari
cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah |
Menyadari adanya
resiko dari pengambilan keputusan |
Mengambil
keputusan berdasarkan pertimbangan resiko yang mungkin terjadi. |
5 |
Kesadaran
tanggung jawab sosial |
Mempelajari
cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hari |
Menghargai
nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari |
Berinteraksi
dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup. |
6 |
Kesadaran gender |
Mengenal
peran-peran sosial sebagai laki-laki atau perempuan |
Menghargai
peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan
sehari-hari |
Berinteraksi
dengan lain jenis secara kolaboratif dalam memerankan peran jenis |
7 |
Pengembangan diri |
Mengenal
kemampuan dan keinginan diri |
Menerima keadaan
diri secara positif |
Meyakini keunikan
diri sebagai aset yang harus dikembangkan secara harmonis dalam kehidupan |
8 |
Perilaku
kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis) |
Mengenal
nilai-nilai perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam
kehidupan sehari-hari. |
Menyadari manfaat
perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan
sehari-hari. |
Membiasakan diri
hidup hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari. |
9 |
Wawasan dan
kesiapan karier |
Mengekspresikan
ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam dengan kemampuan diri |
Menyadari
keragaman nilai dan persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan
kemampuan tertentu |
Mengidentifikasi
ragam alternatif pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang mengandung
relevansi dengn kemampuan diri |
10 |
Kematangan
hubungan dengan teman sebaya |
Mempelajari
norma-norma pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya |
Menyadari
keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan |
Bekerja sama dengan
teman sebaya yang beragam latar belakangnya |
3. UNTUK
JENJANG SMA/ SMK/ MA/ MAK
No |
Aspek
Perkembangan |
Tataran/Internalisasi Tujuan |
||
Pengenalan |
Akomodasi |
Tindakan |
||
1 |
Landasan hidup
religius |
Mempelajari hal
ihwal ibadah |
Mengembangkan
pemikiran tentang kehidupan beragama |
Melaksanakan
ibadah atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransi |
2 |
Landasan perilaku
etis |
Mengenal
keragaman sumber norma yang berlaku di masyaraakat |
Menghargai
Keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan |
Berperilaku atas
dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek etis |
3 |
Kematangan emosi |
Mempelajari
cara-cara menghindari konflik dengan orang lain |
Bersikap toleran
terhadap ragam ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lain |
Mengekspresikan
perasaan dalam cara-cara yang bebas,terbuka dan tidak menimbulkan konflik |
4 |
Kematangan
intelektual |
Mempelajari
cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif |
Menyadari akan
keragaman alternatif keputusan dan konsekuensi yang dihadapinya |
Mengambil
keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/data secara obyektif |
5 |
Kesadaran
tanggung jawab sosial |
Mempelajari
keragaman interaksi sosial |
Menyadari
nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi
sosial |
Berinteraksi
dengan orang lain atas dasar kesamaan |
6 |
Kesadaran gender |
Mempelajari
perilaku kolaborasi antar jenis dalam ragam kehidupan |
Menghargai
keragaman peraan laki-laki atau perempuan sebagai aset kolaborasi dan
keharmonisan hidup |
Berkolaborasi
secara harmonis dengan lain jenis dalam keragaman peran |
7 |
Pengembangan diri |
Mempelajari
keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial |
Menerima keunikan
diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya |
Menampilkan
keunikan diri secara harmonis dalam keragaman |
8 |
Perilaku
kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis) |
Mempelajari
strategi dan peluang untuk berperilaku hemat,ulet, sengguh-sungguh dan
kompetitif dalam keragaman kehidupan |
Menerima
nilai-nilai hidup hemat,ulet sungguh-sungguh dan kompetitif sebagai aset
untuk mencapai hidup mandiri |
Menampilkan hidup
hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif atas dasar kesadaran sendiri |
9 |
Wawasan dan
kesiapan karier |
Mempelajari
kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan, dan aktifitas yang
terfokus pada pengembangan alternatif karir yang lebih terarah |
Internalisasi
nilai-niolai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternatif karir |
Mengembangkan
alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan
ragam karir |
10 |
Kematangan
hubungan dengan teman sebaya |
Mempelajari
cara-cara membina dan kerjasama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman
sebaya |
Menghargai
nilai-nilai kerjasama dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan
dengan teman sebaya |
Mempererat
jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan memperhatikan norma yang berlaku |
11 |
Kesiapan diri
untuk menikah dan berkeluarga |
Mengenal
norma-norma pernikahan dan berkeluarga |
Mengharagai
norma-norma pernikahan dan berkeluarga sebagai landasan bagi terciptanya
kehidupan masyarakat yang harmonis |
Mengekspresikan
keinginannya untuk mempelajari lebih intensif tentang norma pernikahan dan
berkeluarga |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar