Assalamu’alaikum wr wr,
Selamat datang pada tahap 3.3.a.6
Refleksi Terbimbing pada tema modul Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada
Murid.
Shofiah Nur Khabibah
CGP Angkatan 4. Kabupaten Pasuruan.
Jawa Timur.
Pada tahapan ini memiliki tujuan agar
CGP melakukan refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah dilewati,
dan apa yang harus mereka pertimbangkan kemudian dalam menyusun
program/kegiatan yang berdampak pada murid.
Berikut ini hasil refleksi dan metakognisi yang telah dilakukan:
- Apa yang menarik bagi saya setelah
mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah bahwa
untuk menumbuh kembangkan kepemimpinan murid dibutuhkan kondisi lingkungan
yang juga mendukung tumbuh kembang tersebut. Beberapa karakter lingkungan
yang baik tersebut memiliki kriteria:
a.
Lingkungan yang menyediakan kesempatan
bagi murid untuk menggunakan pikir positif dan merasakan emosi yang positif.
b.
Lingkungan yang mengembangkan keterampilan
berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana.
c.
Lingkungan yang melatih keterampilan
yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik
maupun non-akademiknya.
d.
Lingkungan yang melatih murid untuk menerima
dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di
sekitarnya.
e.
Lingkungan yang membuka wawasan murid agar
dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang
manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu,
kelompok, maupun golongan.
f.
Lingkungan tersebut berkomitmen untuk menempatkan
murid sedemikian rupa sehingga aktif menentukan proses belajarnya
sendiri.
g.
Lingkungan tersebut menumbuhkan daya
lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah
kesempitan dan kesulitan.
Lalu bagaimana
menciptakan lingkungan yang mangakomodasi kriteria tersebut, maka tugas guru
sebagai seorang pemimpin pembelajaran dibutuhkan keberadaannya sebagai desainer
lingkungan dengan karakter tersebut.
- Hal mengejutkan yang saya temukan
dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada
murid adalah, saya bisa berdialog dengan diri sendiri sebagai seorang
guru, untuk mengukur sejauh mana saya sudah berusaha dan bergerak dalam
menyajikan pembelajaran yang berdampak pada murid. Dari sana seorang guru
bisa mulai menyusun pengelolaan program yang berdampak pada murid.
Pertanyaan dialog dengan diri sendiri
yang bisa kita gunakan antara lain:
a.
Apa yang telah saya
lakukan untuk mendorong inkuiri/rasa ingin tahu dan kreativitas murid?
b.
Apakah saya telah memastikan murid memahami
apa yang menjadi target dari program/kegiatan pembelajaran mereka? (sehingga
murid dapat mengatur
c.
Apa yang telah saya lakukan untuk membantu
murid membangun pemahaman mereka sendiri? Apakah saya selalu memberikan jawaban
pada murid? Seberapa sering saya mengatakan “Bapak/Ibu juga belum mengetahui
jawabannya. Mari kita cari bersama-sama!”
d.
Apakah saya memberikan ‘wait time’
saat bertanya kepada murid untuk memberikan mereka kesempatan berpikir?
e.
Seberapa sering saya mengajak murid-murid melakukan
refleksi?
f.
Apa yang telah saya lakukan untuk membawa
murid ke ‘luar’ kelas/sekolah dan mengkoneksikan mereka dengan masyarakat dan dunia
yang lebih luas?
Pertanyaan-pertanyaan
tersebut ternyata sangat membantu kita untuk memiliki gambaran awal, rencana
eksekusi dan penerapan untuk pengelolaan program yang berdampak pada murid.
- Perubahan yang akan saya lakukan
setelah memahami atau mempelajari materi ini adalah:
a.
saya akan melakukan evaluasi terhadap cara saya melaksanakan
program selama ini.
b.
Melakukan perubahan pada program yang selama ini masih guru yang
dominan menjadi program yang lebih berdampak pada murid.
- Yang menantang bagi saya untuk
memahami apa yang disampaikan dalam modul ini adalah tentang penerapannya,
langkah awal saya memulainya seperti apa. Pandangan rekan sejawat yang
memiliki pemikiran kecenderungan tentang “tradisi lama” yang membuat
mereka merasa aman dan nyaman, karena pasti akan merasakan perubahan yang
saya lakukan & pasti bagi mereka pembaruan tersebut akan menimbulkan
rasa kurang nyaman.
- Sumber-sumber dukungan yang
saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang
berdampak pada murid antara lain:
a.
Dukungan kepala sekolah
b.
Rekan sesama CGP yang berada dalam satu sekolah
c.
Ilmu dari Guru Penggerak yang banyak saya dapalkan
d.
Praktisi komunitas yang senang menerima perubahan dan hal-hal
baru
e.
Data informasi awal tentang kondisi siswa dan kebutuhannya.
f.
Sarana dan prasanaran di sekolah yang bisa memadai.
g. Dukungan orang tua
h. Keinginan/ semangat siswa untuk belajar sesuai dengan yang mereka inginkan dan minati.
#CGP #GuruPenggerak #Angkatan4 #KabPasuruan
terima kasih
BalasHapus