3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual -Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
Alhamdulillah puji syukur atas nikmat yang Alloh SWT berikan sehingga saya bisa sampai pada tahap Demontrasi Kontekstual modul 3.1.
Pada tahap Demonstrasi Kontekstual ini perkenankan saya untuk mulai tahapan “membumikan” materi di modul ini dengan konteks lokal.
Dalam proses tersebut saya akan menyampaikan bahan, alat atau pihak yang akan berkolaborasi dalam menjalankan pengambilan
keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.
Kegiatan sebagai CGP angkatan 4 yang dimlai sejak Oktober 2021 yang sudah berjalan 7 bulan ini, tentu saya mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan pengalaman baru dalam proses pembelajaran di kelas maupun interaksi dengan warga sekolah.
Seperti filosofis yang disampaikan Ki Hajar Dewantoro Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani. Maka dengan filosofis itu juga keinginan berbagi ilmu yang telah diterima dari pelatihan sebagai CGP tersebut tumbuh kuat.
- Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?
- Untuk menerapkan dan mentransfer pengetahuan yang saya terima dari program guru penggerak, saya akan melakukan beberapa langkah sebagai berikut:
- Mengaktifkan komunitas belajar bersama rekan sejawat yang ada di sekolah, saya akan memulai pendekatan pada rekan yang selama ini tampak antusia saat diajak membehas perkembangan siswa.
- Meminta kepada pengurus MGBK secara berkala untuk berbagi pengetahuan yang saya peroleh dari Guru Penggerak.
- Memposting hasil kerja dan praktek nyata dari materi Guru Penggerak pada setiap media sosial yang saya miliki (youtube, webside, status wa, instagram, facebook), yang harapannya semakin meluas rekan sesama guru yang bisa menikmati dan bisa memodifikasi pengetahuan baru yang saya share.
- Dari berbagi/ share yang saya lakukan melalui media sosial yang dibungkus dengan menarik dan menginspirasi, tujuannya adalah akan semakin banyaknya rekan guru yang turut menikmati hasil dari pelatihan kami selama menjadi CGP, mereka akan merasakan pembelajaran yang menyenangkan dari vidio praktek nyata RPP berdiferensiasi. Dari rasa tertarik tersebut harapannya adalah Bapak Ibu guru lain dapat memodifikasi sesuai dengan ide dan kebutuhan mereka, yang akhirnya akan berkembang menjadi rasa ingin tahu dan rasa semangat untuk belajar.
- Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai
mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
Seperti kita ketahui dan kita pasti pernah mengalami selama menjadi seorang pendidik dalam melaksanakan tugas sehari-hari, akan ada permasalah dalam proses pembelajaran, untuk itu peran kita sebagai seorang pemimpin dalam pembelajaran ketika ddihadapkan pada permasalan yang membutuhkan kita untuk mengambil keputusan, maka langkah-langkah yang bisa kita ambil adalah dengan menggunakan 9 tahap, yaitu:
1. Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan.
2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi permasalahan tersebut.
3. Kumpulkan fakta yang relevan dengan situasi ini
4. Pengujian benar atau salah
Pada tahap ini kita akan melalui sub tahapan lagi yang terdiri dari: Uji legal, Uji regulasi/standar profesional, uji intuisi, uji publikasi, uji panutan/ idola.
5. Pengujian paradigma Benar lawanBenar
6. Melakukan prinsip resolusi
7. Investigasi opsi trilema
8. Buat Keputusan
9. Lihat lagi keputusan dan refleksikan.
- Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini,
besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak
lupa.
Dalam penerapan 9 langkah pengambilan keputusan tersebut akan saya laksanakan setiap saya menghadapi permasalahan yang membutuhkan saya harus mengambil keputusan. Minimal dalam 1 minggu saya akan membuat 1 catatan tentang permalasah dan 9 langkah yang saya lalui dalam pemecahannya.
Disela waktu luang, saya akan meflasback permasalahan-permasalahan dimasa lalu yang bisa saya jadikan bahan belajar praktek nyata 9 langkah tersebut.
- Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan
keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman
diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah
tepat dan efektif.
Pendamping/ rekan yang akan saya jadikan teman diskusi adalah:
1. Sesama CGP (Karena pengetahuan dan cara pandang yang cenderung sama karena sudah sama-sama melalui proses belajar selama menajdi Caloh Guru Penggerak).
2. Guru senior di sekolah (Karena beliau-beliau memiliki banyak pengalaman dan lebih mengenal situasi luar dalam sekolah dan lingkungan masyarakat sekolahnya)
3. Rekan sejawat
4. Kepala Sekolah (Karena beliau lebih berpengalaman dalam kepemimpinan, sebagai pemilik pengambilan keputusan sekolah) dan biasanya kepala sekolah yang terbiasa managerial maka biasanya saran/ masukan sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan baru.
Demikianlah pembahasan tentang Demontarasi Kontekstual untuk modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan senagai Pemimpin Pembelajaran.
Apabil ada pertanyaan, saran ataupun kritik silahkan menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini ya.
Terima kasih atas perhatiannya. Wassalamu'alaikum Wr Wb.
Salam dan Bahagia.
Jurnal Monolog yang luar biasa, semoga menjadi inspirasi bagi teman komunitas dan orang banyak. Sukses terus tetap semangat, Salam bahagia By Devi
BalasHapusAlhamdulillah. Terimakasih bunda
Hapus