Halaman

Senin, 18 April 2022

3.1.a.6. Refleksi Terbimbing – Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin

 Never stop learning

3.1.a.6. Refleksi Terbimbing – Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin

1.       Pemahaman saya sejauh ini tentang konsep yang telah saya pelajari adalah bahwa:

a.       Fokus dalam pemecahan permasalahan adalah kembali kepada nilai-nilai kebajikan universal

b.      Ada 2 jenis dilemma yaitu “BUjukan moral” (benar vs salah) dan “dilemma etika” (benar vs benar)

c.       Pembagian paradigma menjadi 4 yaitu: individu lawan masyarakat, rasa keadilan lawan rasa kasihan, kebenaran lawan kesetiaan, dan jangka panjang lawan jangka pendek.

d.      Prinsip dalam menyelesaikan dilemma dibagi menjadi 3 yaitu: Berfikir berbasis hasil, berfikir berbasis peraturan, berfikir berbasis rasa peduli

e.      Langkah-langkah dalam proses mengambil keputusan dan menguji terhadap keputusan yang kita ambil ada 9, yaitu:

·         mengenali nilai-nilai yang bertentangan,

·         menentukan siapa yang terlibat dalam situasi tersebut,

·         kumpulan fakta yang relevan terhadap situasi tersebut,

·         pengujian benar dan salah dengan 5 model uji (uji legal, uji regulasi, uji intuisi, uji publikasi, uji panutan),

·         pengujian paradigma

·         melakukan prinsip revolusi

·         investigasi opsi trilema

·         buat keputusan

2.       -

3.       –

4.       Dampak mempelajari materi ini bagi saya sangat luar biasa sekali, membuka pemikiran dan pemahaman saya tentang langkah yang harus saya lakukan sebelum keputusan besar saya ambil. Sebelum mengenal materi ini keputusan yang saya ambil cenderung kaku dan berpatok pada uji regulasi saja sehingga keputusan yang saya ambil kurang “manusiawi”, dan setelah mempelajari materi ini saya akan mulai membiasakan melalui tahap analisis terperinci sehingga keputusan yang saya ambil akan lebih bijaksana dan lebih membawa kebaikan besar dari pada keburukannya.

5.       Mempelajari materi ini sangat penting bagi saya secara individu maupun sebagai pemimpin pembelajaran.

Sebagai individu saya menjadi memiliki wawasan dalam tahapan bagaimana ketika mengahadapi masalah yang menyangkut orang banyak, saya tidak lagi egois hanya berpatok pada regulasi, tapi ada kondisi tertentu yang perlu kita memperhatikan sisi kemanusiaannya.

Sebagai pemimpin pembelajaran materi ini sangat penting karena dalam menghadapi murid dan keluarga di sekolah tentu saya akan bertemu dengan konflik yang membutuhkan keputusan dalam mengahadapi permasalahan tersebut.

6.       Agar pengambilan keputusan dapat berdampak bagi lingkungan setelah mempelajari modl ini saya akan sesering mungkin mensosialisasikan, mendiskusikan materi ini, dan bersama-sama menerapkan langkah-langkah dalam menceri solusi dan membuat keputusan dengan 9 langkah tersebut.

7. Hal penting lain yang ingin saya pelajari adalah bagaimana memahami dan menilai karakteristik person yang kita pimpin, bagaimana membaca situasi dan kondisi sekitar, bagaimana membaca maksud/ hal-hal tersembunyi dari suatu permasalahan.

8. Nilai kebajikan yang diajarkan orangtua, nenek kakek: kejeujuran, kesederhanaan, amanah, pantang menyerah, mandiri, pekerja keras, mengayomi, teladan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar